Tutorial Installing Arduino Board Driver

Setelah Arduino IDE berhasil diinstall, sekarang adalah moment of the truthnya, kita akan mencoba mengupload sketch example arduino yaitu Blink.ino. Proses ini adalah mandatory alias wajib menurut penulis, karena untuk mengecek apakah software Arduino IDE sudah berjalan dengan benar maka pengetesannya adalah dengan cara mengetest apakah sudah bisa kita gunakan untuk mengupload sketch ke papan arduino kita.

Oke, langkah pertama sebelum kita mengupload sketch example, maka kita terlebih dahulu menginstall driver untuk papan arduino yang akan kita gunakan. Namun sebelum kita colok arduino board kita ke perangkat laptop kita, maka kita perlu menginstall terlebih dahulu driver bawaan arduino board kita.

Di pasaran khususnya Indonesia, ada dua serie board arduino khususnya arduino UNO yang versi ORI dan UNO versi low cost. Dimana kedua bridge usb hostnya menggunakan ic chip yang berbeda. Silahkan perhatikan tabel berikut:

 

Arduino clone versi grade original, dimana skematik maupun komponen yang digunakan sama persis dengan komponen yang digunakan oleh Arduino Ori made in Italy

Chip USB driver : Atmega16u

Tidak perlu download driver karena drivernya terdapat pada folder driver arduino ide.

Arduino Uno versi clone SMD, semua komponen maupun skematik berbeda dengan yang made in italy.

Chip USB Driver yang digunakan adalah CH340G

Link download

 

Untuk lebih jelasnya silahkan click video ini ya untuk cara install dan upload sketch file arduino pertama kali.

Semoga bermanfaat ya.. 🙂